Ketika Pohon Bisa Bikin Konser Sendiri

14.09 tahta 1 Comments

Berlin mendapat gelar kota paling hijau di Eropa dengan jumlah pohon kota sekitar 400 ribu. Sayangnya, semakin lama, jumlah tersebut semakin berkurang.

Tercatat, Berlin kehilangan 2000 pohon setiap tahunnya akibat kepedulian masyarakat yang menurun akan kelestarian pohon mereka, ditambah pengelolaan yang kurang baik dari pemerintah kota. Tentu dengan kondisi tersebut, gelar kota terhijau di Eropa menjadi terancam.

Lalu, bagaimana cara menghentikan turunnya jumlah pohon itu? Bagaimana pula cara meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa ini adalah isu yang tidak sepele?

Sebuah organisasi konservasi bernama BUND akhirnya mengusulkan ide unik untuk menjawab permasalahan tersebut. September 2012, mereka merancang sebuah konser musik yang melodinya bukan dimainkan oleh manusia, melainkan oleh sebuah pohon kenari (chestnut tree). Mereka menamainya ‘Tree Concert’.

Yap, pohon kenari itu disulap menjadi instrumen yang dapat menghasilkan irama musik dari setiap biji kenari yang jatuh. Bagaimana caranya? Tepat di bawah pohon itu, dipasanglah alat khusus berupa membran yang sensitif terhadap sentuhan. Setiap ada biji kenari yang jatuh dan mengenainya, membran tersebut akan bereaksi dengan mengeluarkan suara musik sambil menampilkan cahaya warna-warni yang indah.

Cool ya.

Konser unik ini pun langsung mencuri perhatian masyarakat Berlin. Mereka berdatangan untuk menyaksikan dan mendengarkan sendiri musik yang dihasilkan oleh pohon kenari itu. Kampanye ini pun segera menyebar ke seantero kota dan menarik banyak pengunjung.

Menariknya, pengunjung dapat mengirimkan donasi via SMS dalam rangka mendukung kampanye pelestarian pohon ini. Sebagai imbalannya, para donatur akan dikirimi ucapan terima kasih via SMS secara personal yang seakan-akan dikirim oleh pohon itu, dan mendapat link untuk mendownload kumpulan lagu Tree Concert secara eksklusif.

Makin cool deh *geleng-geleng.

Ceritanya belum selesai lho ya. Masih ada yang lebih cool lagi.

Beberapa bulan setelah itu, seorang DJ ternama bernama Robot Koch membuat versi remix dari Tree Concert dan dipasarkan di iTunes. Jumlah donasi yang dihasilkan pun melonjak 800%! WOW!

Dan yang lebih penting lagi, publik Berlin pun menjadi lebih peduli dan sadar akan pentingnya memelihara setiap pohon kota mereka dengan lebih baik. Antara mereka dan pohon seakan timbul hubungan emosional yang kuat. Harapan untuk tetap menjadi kota paling hijau di Eropa pun kembali muncul.

They solved the problem!

Coba kita berandai-andai. Apa jadinya kalau mereka tidak melakukan kampanye niat bin jenius itu, tetapi hanya membuat woro-woro ala kadarnya? Misalnya sekedar bagi-bagi brosur, pasang iklan billboard di tepi jalan, dan walikotanya cuma bilang di tv lokal: “Selamatkan pohon-pohon kita ya!”.
Tentu, impact-nya tidak akan sedahsyat saat mereka membuat Tree Concert, setuju?

That’s creativity.

Kreativitas yang menyelesaikan masalah. Kreativitas yang membuat kita melihat dunia dari sisi yang lebih indah.

Mau dengar seperti apa bunyi yang pohon tersebut hasilkan? Dan bagaimana interaksi publik yang dihasilkan dari campaign ini? Lihat videonya di sini!

1 komentar:

  1. Infonya bermanfaat sekali, terimakasih sudah sharing.
    Oh ya, sekedar informasi tambahan, bagi yang membutuhkan Tempat Sewa Genset Syncronize Jakarta untuk keperluan berbagai macam event seperti pesta ultah, pernikahan, pameran, dll. Bisa menghubungi kami Arthur Teknik.

    Untuk baca artikel-artikel terbaru dari kami bisa cek di sini : http://blog.arthurteknik.com/

    BalasHapus