Pikiran Buntu & Ide Mentok. Apa Yang Harus Segera Kita Lakukan?

22.15 tahta 0 Comments


Paling tidak, ada 2 hal yang bisa dilakukan ketika otak kita sedang mentok atau jenuh pada saat memikirkan suatu ide. 

Pertama: menghentikan aktivitas dan berdiam diri sejenak tanpa memikirkan apapun. Kosongkan pikiran, tenangkan diri, dinginkan otak sampai siap diajak berpikir lagi.

Kedua: melupakan aktivitas itu sejenak, dan beralih melakukan sesuatu yang lain. Lakukan aktivitas lain, kerjakan tugas lain, dan selesaikan masalah lainnya.

Saya pribadi sih lebih suka cara yang kedua. Yakni mengalihkan pikiran ke hal-hal yang lain.

Misalnya, kita sedang penat dan buntu di pekerjaan A. Lupakan saja pekerjaan itu selama beberapa menit, beralih saja dulu ke pekerjaan B. Lepaskan otak dari kelelahan mengerjakan A. Lalu ajak otak mengerjakan B.

Otak berbeda dengan otot. Otot yang lelah memang butuh diistirahatkan, sedangkan otak yang lelah tidak terlalu butuh istirahat total, karena sebenarnya ia hanya perlu dialihkan.

Ketika saya sedang mengetik naskah atau artikel di depan komputer, dan tiba-tiba ide susah mengalir, saat itu juga saya beranjak dari meja, tekan tombol sleep / shutdown komputer, lalu keluar ruangan dan lihat pemandangan, bermain, melakukan hobi-hobi saya, berolahraga, atau sekedar mencuci piring, menyetrika, dan membereskan barang-barang di sekitar.

Terkadang, pada saat itulah ide akan muncul tiba-tiba, tanpa disadari. Memang ide bisa datang sendiri tanpa kita berusaha cari. Orang-orang kreatif juga pernah berwasiat:

"Sesekali, kita harus membiarkan pikiran bawah sadar kita menyelesaikan suatu masalah sendiri, sementara kita mengerjakan sesuatu yang lain."

Seperti Archimedes yang menemukan teorinya pada saat berendam di bak mandi. Seperti Einstein yang mengaku bahwa ide-ide terbaiknya justru muncul pada saat ia sedang mencukur kumis. 

Anda pasti pernah mengalami hal serupa, kan? :)

0 komentar: