Strategi Inovasi Bisnis: Rasional vs Emosional

12.55 tahta 0 Comments


Salah satu cara ampuh untuk memunculkan inovasi dalam bisnis adalah dengan mengubah orientasinya: emosional atau rasional. 

Ada bisnis yang fokusnya ke sisi emosional pelanggan - biasanya lebih mengedepankan value atau brand. Sedangkan yang fokusnya ke sisi rasional pelanggan - biasanya cukup mengedepankan fungsi, efisiensi dan harga yang menarik.



Contoh yang biasanya menjual sisi emosional adalah salon & spa. Rata-rata ga cuma selesai di potong rambut aja, tapi treatment lain, suasana, dan kenyamanan juga ikut dibeli, apalagi bagi kaum hawa. Sedangkan yang biasanya berkutat di sisi rasional ini sebut saja produsen bahan bangunan. Cukup bikin batu bata, genteng, semen, asal secara fungsi udah bisa buat bangun rumah, selesai deh. Lalu dijual dengan harga kompetitif & rasional tentunya.

Menariknya, kita boleh saja menentang arus. Me-rasional-kan industri yang sudah terlanjur terkesan emosional, atau sebaliknya, meng-emosional-kan industri yang dominan rasional. Sehingga, selain lahir inovasi bisnis, juga akan ada potensi pasar baru, dari yang semula non-konsumen di industri tersebut bisa beralih menjadi konsumen.

Dulu, yang namanya potong rambut di Jepang, bisa butuh waktu 1 jam lebih. Walaupun sebenarnya proses potong rambutnya cuma 15 menit, tapi embel-embel ritualnya yang banyak. Mulai dari cuci rambut, minum teh dulu, pemijatan, sampai bilas. Itu semua dilakukan demi menjual sisi emosionalnya. Namun, sebagian konsumen merasa hal tersebut kurang efisien, dari segi waktu maupun harga, lagipula orang Jepang itu sibuk-sibuk.

Hingga akhirnya ada QB House yang menawarkan '10 minutes refreshment'. 

Potong rambut cuma butuh waktu 10 menit, bahkan ga pake bilas! Karena selesai potong, rambut-rambut tadi disedot pakai sejenis vacuum cleaner. Apa yang terjadi? Biaya bisa ditekan, harga lebih terjangkau, efektif waktu untuk orang-orang Jepang yang sangat sibuk, dan dalam 1 jam, di saat seorang karyawan salon lain cuma bisa melayani 1 shift orang dengan embel-embel yang banyak, karyawan mereka bisa melayani 5-6 konsumen. Dan ujung-ujungnya pendapatan per-jam nya bisa lebih banyak. Rasional kan? Hehehe.

Air wash system alias sistem sedot rambut!

Di bagian bumi lain, di Meksiko, ada Cemex, produsen semen, sebuah produk yang umumnya ngejar sisi rasional, bisa menjual berkarung-karung semen dengan sentuhan emosi. Semen yang cuma jadi bahan bangunan dan ga ada daya tariknya, diubah kesan, menjadi sebuah bingkisan / kado / hadiah untuk saudara, rekan, tetangga yang kita sayangi. Cemex juga mengajak masyarakat untuk membangun rumah impian mereka yang lebih baik lagi. Bahkan di sana sampai ada ARISAN SEMEN. Kurang emosional apa coba? Hehehe.

Dan di bagian bumi lain, di Indonesia, ada...

... ada saya, anda, kita semua yang suatu saat akan terdengar inovasi-inovasi bisnisnya. Coba lihat sekitar, mana aturan pakem atau kebiasaan di suatu industri yang bisa kita ubah arusnya. Any idea? :)

0 komentar: